Skip to main content

Mengenal Pengertian Ejakulasi Dini Secara Medis

Pengertian ejakulasi dini secara medis adalah sebuah masalah saat berhubungan seksual yang terjadi pada pria dengan ditunjukkan oleh ketidakmampuan pria dalam mempertahankan waktu ereksi. Hal ini sama saja dengan masalah ereksi yang tidak tahan lama sehingga mempengaruhi keinginan pasangan saat berhubungan seksual. Masalah ejakulasi dini memang sangat umum dan bisa terjadi pada siapa saja tanpa terpengaruh suku atau ras. Masalah ini juga bisa terjadi ketika seorang pria sudah menikah atau belum menikah, baik yang sudah pernah melakukan hubungan intim atau belum sama sekali. Sebenarnya jika kondisi ejakulasi dini tidak terjadi dalam waktu yang sering maka masih bisa diatasi dengan tehnik yang sederhana dan alami, namun jika kondisinya sudah parah maka sulit untuk diatasi dengan cara yang sederhana.

Frekuensi Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini yang muncul pada tahap awal biasanya hanya berlangsung sangat singkat dan terkadang bisa kembali normal pada beberapa waktu tertentu. Kondisi ini bisa ditangani dengan memperhatikan waktu ejakulasi dan beberapa cara untuk mencegah kondisi yang lebih parah. Namun beberapa orang yang mengalami ejakulasi dini bisa menghadapi masalah frekuensi ejakulasi dini seperti dibawah ini.

  1. Ejakulasi dini selalu terjadi sepanjang waktu ketika berhubungan intim atau bahkan hanya bisa bertahan selama beberapa detik saat penetrasi baru dimulai.

  2. Ejakulasi dini yang sama sekali tidak memberikan kesempatan waktu untuk penetrasi sehingga tidak ada ereksi sama sekali.

  3. Ejakulasi dini yang terjadi secara terus menerus yang kemudian bisa  menyebabkan laki-laki tidak ingin bertemu dengan pasangan, tidak ingin memiliki pasangan dan merasa sangat depresi dalam kehidupannya.

Penyebab Ejakulasi Dini

Hingga saat ini memang belum ditemukan pasti apa sebenarnya penyebab dari masalah ejakulasi dini. Beberapa laki-laki justru mendapatkannya dengan alasan yang sangat sepele. Namun ejakulasi dini dipercaya disebabkan karena dua kondisi yang berbeda yaitu:

Pengaruh kondisi psikologis yang bisa disebabkan karena tekanan pikiran, tingkat stres yang terlalu tinggi dan berbagai hal yang merusak kondisi perasaan. Beberapa penyebab lain dari kondisi psikologis adalah sebagai berikut:

  1. Ketika seorang pria yang melakukan hubungan seksual berusaha untuk mempertahankan waktu ereksi dan sangat cemas dengan masalah itu sehingga justru membuat seorang pria terkena ejakulasi dini.

  2. Ketika seorang pria merasa sangat cemas dengan berbagai masalah termasuk masalah yang berhubungan dengan hubungan seksual atau masalah dihubungan pribadi dengan pasangan.

  3. Ketika seorang pria merasa sangat khawatir karena takut tidak bisa memuaskan pasangan dan menjadi penyebab sulitnya mendapatkan keturunan.

Pengaruh kondisi biologis yang disebabkan karena beberapa masalah seperti tingkat hormon yang rendah, kelainan pada organ reproduksi, dan masalah kesehatan lain yang berpengaruh sistem kerja penis dan reaksinya terhadap rangsangan alami. Beberapa masalah biologis lain adalah seperti gangguan fungsi tiroid, masalah neurotransmiter, infeksi yang terjadi pada prostat, trauma pada saraf dan berbagai kondisi biologis khusus karena garis keturunan keluarga.

Tipe Ejakulasi Dini

Pada awalnya ejakulasi dini terjadi karena beberapa sebab yang tidak terdeteksi sejak awal sehingga muncul kondisi yang lebih parah. Pada awalnya ejakulasi dini ditandai dengan gejala tidak bisa menahan ereksi selama satu menit setelah penetrasi. Setelah itu kemampuan ejakulasi akan terus menurun. Berikut ini beberapa tipe ejakulasi dini yang perlu dikenal.

  1. Ejakulasi dini primer. Ini adalah jenis ejakulasi dini yang terjadi selama seumur hidup dan memiliki harapan yang kecil untuk sembuh. Ejakulasi dini ini bisa terjadi dari awal gejala yang ringan hingga ke tahap yang lebih parah. Ejakulasi akan bertambah parah ketika penderita sudah pernah melakukan hubungan intim dan ditambah dengan tekanan pikiran dan stres.

  2. Ejakulasi dini sekunder. Ini adalah jenis ejakulasi dini yang terjadi selama beberapa saat menjelang atau saat berhubungan intim. Gejala bisa ditandai ketika laki-laki sudah masuk ke tahap dewasa atau ketika sudah pernah melakukan hubungan intim. Tapi jenis ejakulasi dini ini bisa muncul dan terkadang juga tidak muncul. Tapi jika tidak dirawat atau ditangani dengan benar bisa menjadi lebih parah.

Siapa yang Bisa Terkena Ejakulasi Dini

Sebenarnya semua laki-laki bisa mengalami masalah ejakulasi dini. Hanya saja beberapa orang memiliki resiko yang lebih besar karena dorongan dari beberapa masalah kesehatan yang cukup serius. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang bisa memiliki potensi ejakulasi dini yang lebih besar.

  1. Kondisi disfungsi ereksi yang bisa terjadi karena terlalu banyak memikirkan target waktu atau memang tubuh tidak bisa memiliki waktu ereksi yang lebih lama. Namun laki-laki yang lebih khawatir dengan masalah ereksi yang lebih lama maka bisa menyebabkan ejakulasi dini.

  2. Kondisi tertentu dimana laki-laki menderita beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi sistem kesehatan tubuh secara keseluruhan seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi dan penyakit syaraf.

  3. Orang yang memiliki tingkat emosi tinggi dan kondisi mental yang kurang baik juga bisa berpotensi terkena ejakulasi dini. Beberapa orang yang memiliki rasa khawatir terlalu tinggi juga bisa terkena ejakulasidini.

Akibat Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini memang tidak menimbulkan dampak serius dalam masalah kesehatan secara langsung,namun tentu masalah ini banyak menyita pikiran yang menyebabkan seseorang memiliki tingkat emosi yang lebih tinggi. Beberapa akibat buruk dari ejakulasi dini adalah:

  1. Konflik hubungan yang cukup serius. Pasangan yang mengalami masalah ini biasanya memiliki tekanan yang lebih tinggi karena merasa sangat tertekan dan kondisi hubungan yang kurang baik. Konflik terburuk adalah masalah hubungan yang sulit dipertahankan karena tekanan yang berat dari diri sendiri maupun keluarga.

  2. Ejakulasi dini akan membuat pasangan sulit untuk mendapatkan keturunan sehingga terkadang bisa menyebabkan masalah yang sangat serius dalam masa depan rumah tangga.

Tips Mencegah Ejakulasi Dini

Bagi laki-laki yang belum terkena ejakulasi dini bisa mencoba beberapa cara seperti dibawah ini.

  1. Lakukan gaya hidup yang baik untuk kesehatan secara menyeluruh seperti tidak merokok, tidak minum alkohol dan diet dengan baik.

  2. Hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak karena bisa berpotensi meningkatkan resiko penyakit jantung, hipertensi maupun diabetes.

  3. Percaya dengan pasangan dan hanya setia dengan pasangan karena itu tidak akan menimbulkan kecemasan terhadap masa depan hubungan yang bisa menjadi penyebab ejakulasi dini.

  4. Selalu berolahraga teratur untuk menjaga kesehatan karena bisa mempengaruhi kesehatan pada organ tubuh maupun organ reproduksi.

Jadi selalu ada beberapa upaya yang sangat penting untuk mencegah ejakulasi dini. Dampak ejakulasi dini memang sangat serius, tidak hanya untuk penderita tapi juga untuk mental dan kondisi hubungan dalam rumah tangga. Ejakulasi dini bukan gangguan yang tidak bisa diobati, karena penanganan yang lebih cepat dari awal bisa membuat potensi sembuh menjadi lebih tinggi. Jadi dorongan ini sangat penting untuk mengenal pengertian ejakulasi dini secara medis.

3 thoughts on “Mengenal Pengertian Ejakulasi Dini Secara Medis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!