Skip to main content

Mengetahui Beberapa Penyakit yang Menyebabkan Ejakulasi Dini dan Cara Pencegahannya

Beberapa penyakit yang menyebabkan ejakulasi dini mungkin dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda terkait bidang kesehatan. Semua orang pasti menginginkan sehat setiap hari pada tubuhnya. Bukan hanya kesehatan fisiknya, tetapi juga psikisnya. Dengan memiliki dua kesehatan tersebut, berbagai macam bibit penyakit tidak akan menghampiri tubuh Anda. Begitu juga untuk gangguan fungsi seksual, seperti ejakulasidini. Gangguan kesehatan tersebut biasa dialami oleh pria dewasa. Ejakulasi dini dapat diartikan orgasme yang terlalu cepat bagi seorang pria saat berhubungan intim di atas ranjang dengan pasangannya. Mungkin tidak lebih dari 5 menit, sang pria sudah ‘keluar’ duluan daripada wanita pasangannya. Jika Anda merasakan hal yang sama saat berhubungan intim, sebaiknya segera diperiksakan pada dokter atau praktisi kesehatan yang mengetahui masalah ini. Dengan begitu, Anda bisa dicarikan solusi paling efektif untuk mencegah dan menyembuhkan ejakulasi dini.

Tidak sedikit pria dewasa yang merasa acuh dengan gejala ejakulasi yang dideritanya. Ada dua kemungkinan mereka bersikap acuh seperti itu. Kemungkinan pertama, mereka sudah mengetahui gejala ejakulasi tersebut, tetapi tidak mau untuk menyembuhkannya. Kebiasaan ini sangat merugikan para pria. Rasa malu dan tidak percaya diri biasanya dirasakan oleh pria yang berejakulasi dini. Kemungkinan kedua, yaitu beberapa pria memang tidak menyadari gejala ejakulasi dini yang mereka rasakan. Pasalnya, mereka memang tidak mengetahui apa itu ejakulasi dini. Mereka belum pernah membaca ataupun mendengar informasi terkait gangguan fungsi seksual yang satu ini. Oleh karena itu, perlu ada edukasi yang lebih terarah untuk para pria dewasa dengan memberikan informasi mendetail dan terpercaya mengenai gangguan fungsi seksual, seperti halnya ejakulasi dini.

Lalu, apa saja beberapa penyakit yang menyebabkan ejakulasi dini dan perlu diketahui?

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyakit yang ternyata menyebabkan gangguan fungsi seksual bagi pria dewasa. Penyakit tersebut biasanya menyerang bagian organ vital atau di sekitarnya, sehingga tidak menutup kemungkinan mempengaruhi beberapa saraf di bagian tersebut. beberapa penyakit itu, antara lain sebagai berikut.

Pertama, penyakit prostat. Penyakit ini menyerang bagian prostat, yaitu di sekitar organ vital seorang pria. Jika sudah parah kondisi penyakitnya, pria yang menderitanya harus dioperasi karena saluran prostatnya benar-benar tertutup dan harus ditangani secepat mungkin. Padahal, saluran prostat ini juga menjadi jalan air kencing dan saluran sperma saat ingin dikeluarkan. Setelah saluran prostat terbebas dari semua hambatan, tidak menutup kemungkinan seorang pria mengalami ejakulasi dini saat berhubungan intim. Untuk mengatasinya, harus dilakukan terapi kesehatan khususnya untuk menyembuhkan ejakulasi dini yang dideritanya. Cara terapi kesehatan tersebut bisa dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan terapis yang sudah berpengalaman. Biasanya juga dengan mengkonsumsi ramuan atau obat-obatan tertentu.

Kedua, penyakit menular seksual (PMS). Penyakit ini sebenarnya bisa diderita oleh pria ataupun wanita. Khususnya bagi pria, mereka yang menderita PSM akan berakibat buruk dengan fungsi seksualnya. Pasalnya, saraf-saraf pada organ vitalnya akan terpengaruh akibat PMS yang dideritanya. Beberapa PMS yang cukup populer, seperti Sipilis, Gonerhoe, maupun HIV/Aids. Ketiganya memang menjadi momok yang menakutkan bagi banyak pria. PMS dapat ditularkan lewat berhubungan intim dengan pasangannya masing-masing. Setelah menderita PMS, Anda para pria akan mendapatkan kerugian berlipat, yaitu organ vitalnya menderita penyakit menular, sehingga tidak bisa untuk berhubungan intim. Selain itu, setelah sembuh pun bukan tidak mungkin menderita ejakulasi dini. Jangan sampai Anda menderita PMS.

Ketiga, ambeien. Penyakit ini menyerang bagian usus besar atau di bagian lubang anus yang berfungsi untuk mengeluarkan kotoran. Pada bagian tersebut, terdapat benjolan kecil yang terasa sakit saat buang air besar, duduk, berjalan, atau aktivitas yang lainnya. Jika tidak segera disembuhkan, penyakit ambeien akan merembet ke bagian lainnya, seperti halnya bagian organ vital pria. Salah satu gangguan yang bisa dirasakan, yaitu ejakulasi dini. Oleh karena itu, mereka yang masih menderita ambeien biasanya tidak merasa puas saat berhubungan intim dengan pasangannya, dikarenakan menderita ejakulasi dini. Untuk mengatasinya, terlebih dulu harus menyembuhkan penyakit ambeien, kemudian baru bisa dilakukan terapi untuk menyembuhkan ejakulasi dini hingga ke akar-akarnya.

Bagaimana cara mencegah beberapa penyakit yang menyebabkan ejakulasi dini?

Ada beberapa cara atau langkah yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari berbagai macam penyakit penyebab ejakulasi dini. Penyakit-penyakit tersebut disebabkan oleh bibit penyakit yang menyerang, perilaku buruk yang biasa dilakukan, sering bergonta-ganti pasangan saat berhubungan seksual, atau yang lainnya. Anda harus berkomitmen untuk melakukan segala sesuatu agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut. Untuk pencegahannya, silakan Anda menyimak sedikit informasi di bawah ini.

Pertama, menjaga perilaku sesuai norma yang berlaku di tengah masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa gaya hidup bebas sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang. Mereka yang masih melakukannya tidak menutup kemungkinan sangat beresiko menderita PMS. Selanjutnya, PMS tersebut bisa menyebabkan ejakulasi dini yang sangat tidak mengenakkan saat melakukan hubungan intim dengan pasangannya. Oleh karena itu, segera hentikan bergonta-ganti pasangan intim karena hanya akan merugikan Anda sendiri. Lebih baik Anda setia dengan satu pasangan untuk seumur hidup daripada berhubungan dengan orang lain. Dengan begitu, Anda pun bisa menikmati berhubungan intim tanpa harus menderita penyakit menular, terlebih ejakulasi dini.

Kedua, menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari. Gaya hidup ini bisa diartikan sebagai aktivitas dan perilaku sehat untuk menjaga serta merawat kesehatan sekaligus kebugaran tubuh setiap hari. Anda bisa memulainya dengan menerapkan pola makan sehat, yaitu mengkonsumsi bahan-bahan makanan dan minuman dengan jadwal yang sudah ditepati. Selanjutnya, Anda perlu berolahraga secara teratur dengan porsi yang disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Jangan lupa untuk banyak mengkonsumsi air putih, bukan hanya saat dan setelah berolahraga, tetapi dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, air putih yang menyehatkan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beristirahat atau tidur juga harus dilakukan dengan waktu yang cukup. Jika Anda tidak memiliki waktu beristirahat di siang hari, luangkan waktu semaksimal mungkin untuk tidur yang berkualitas di malam hari.

Ketiga, menghindari merokok dan minum minuman beralkohol. Kedua kebiasaan buruk ini bukan tidak mungkin memicu datangnya penyakit yang juga menyebabkan ejakulasi dini. Jika Anda masih merokok, segera hentikan karena hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Sementara itu, minuman beralkohol hanya akan merusak bagian organ dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, segera hentikan. Daripada Anda merokok, lebih baik mengunyah permen yang lebih menyenangkan. Daripada Anda meminum minuman beralkohol, lebih baik mengkonsumsi air putih yang lebih menyehatkan. Tentu saja air putih dengan ciri tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Silakan dipraktikkan seoptimal mungkin dengan tujuan agar bisa menjaga kesehatan, kebugaran, serta terhindari dari beberapa penyakit yang menyebabkan ejakulasi dini.

3 thoughts on “Mengetahui Beberapa Penyakit yang Menyebabkan Ejakulasi Dini dan Cara Pencegahannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!