Skip to main content

Tips Jitu Merawat Dan Menjaga Kesehatan Penis

Tips jitu merawat dan menjaga kesehatan penis cukup mudah dilakukan asalkan benar-benar menaati anjuran dan larangan yang akan kita bahas berikut ini. Yang paling jelas ialah jangan sekali-kali membiarkan organ vital ini tidak terawat dengan baik, khususnya dalam hal kebersihan. Penis yang bersih dan terawat dengan baik secara otomatis akan selalu terjamin kesehatannya. Organ vital ini akan terhindari dari beragam risiko penyakit, serta akan memuaskan secara psikologis karena tetap kuat dan tangguh untuk digunakan selama berhubungan intim. Nah, mari kita langsung saja membahas bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatan penis berikut ini:

  • Perawatan Harian

Perawatan harian maksudnya ialah membersihkan organ vital Anda secara teratur, terutama saat mandi. Mandi merupakan aktivitas rutin yang tak mungkin diabaikan apalagi bagi kita yang tinggal di wilayah tropis. Jika situasi tidak memungkinkan untuk mandi, harus wajib membersihkan organ vital ini. Yaitu dengan membasuh/mencuci dengan sabun mandi, membersihkannya secara perlahan-lahan, tidak menggosoknya terlalu keras karena dikhawatirkan bisa menimbulkan kelecetan, serta mengeringkannya dengan tepat. Selama membersihkan/mencuci organ vital pria, lakukan juga pemijatan kecil demi tujuan relaksasi, sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran seperti daki dan sebagainya. Baru kemudian dibasuh sekali lagi sampai bersih dan mengeringkannya.

  • Mencukur Rambut Kemaluan

Sangat disarankan untuk selalu mencukur rambut kemaluan. Sebagian pria mungkin tidak terlalu peduli dengan rambut kemaluan yang terlalu panjang dan lebat. Namun kondisi semacam itu justru bisa menyebabkan organ vital sangat rentan pada kotoran dan penyakit. Memang akan lebih baik jika mencukurnya sampai habis, karena akan membuatnya terlihat rapi. Tapi jika tidak ingin menggunduli rambut kemaluan, bisa dengan mencukurnya dalam ukuran wajar. Mencukur rambut kemaluan secara teratur akan mengurangi sejumlah risiko seperti kelembaban dan gatal-gatal tak nyaman. Selama mencukur rambut kemaluan, gunakanlah alat-alat yang bersih dan steril, serta lakukan secara hati-hati demi menghindari risiko infeksi akibat goresan luka.

  • Tingkat Kelembaban

Sebagai organ vital yang selalu ditutupi setiap harinya, penis selalu rentan pada kondisi yang lembab. Kadang-kadang, pria juga merasa malu dan tergesa-gesa sehingga kerap menutupi organ vital dengan ala kadarnya, misalnya setelah mandi langsung mengenakan celana dalam. Padahal, membiarkan penis dalam keadaan setengah basah dan segera mengenakan celana akan meningkatkan risiko penyakit. Organ vital akan sangat mudah lembab dan bisa menimbulkan berbagai risiko penyakit. Oleh karena itu, setiap selesai mandi, keringkanlah seluruh bagian tubuh Anda, termasuk penis, tunggu sampai benar-benar kering dan baru kemudian mengenakan celana dalam. Kebiasaan membasuh penis setelah buang air pun harus hati-hati supaya tidak ada sisa-sisa air yang ikut membahasi celana dalam.

  • Rajin Mengganti Celana Dalam

Banyak pria yang sebetulnya malas atau lupa mengganti celana dalam setiap hari. Alasannya sangat sederhana, yaitu karena celana dalam yang dipakai masih bersih. Padahal, selama kurun waktu sekitar dua puluh empat jam, organ vital itu juga mengeluarkan keringat, sisa-sisa kotoran, dan udara lembab yang jelas mengubah kondisi celana dalam. Jadi, sering-seringlah mengganti celana dalam, minimal setiap hari. Jika terbiasa beraktivitas di luar ruangan yang notabene menyebabkan tubuh sering berkeringat, pertimbangkanlah untuk selalu mengganti celana dalam setiap beberapa jam.

  • Bersih Sebelum Berhubungan Intim

Sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan, pastikanlah bahwa kondisi penis dalam keadaan bersih. Memang, situasi yang menyebabkan pasangan berhubungan intim seringkali tak terduga dan lebih sering terjadi dalam kondisi spontan. Nah, dari situlah Anda seharusnya selalu menjaga kebersihan penis secara teratur, dalam kondisi apa pun. Selain itu, kebersihan organ vital pria selama berhubungan intim juga wajib mempertimbangkan penggunaan kondom, terutama bagi yang gemar berganti-ganti pasangan. Lebih baik mencegah dan mengantisipasi setiap risikonya daripada menghadapi risiko yang lebih parah. Banyak sekali kasus penyakit yang sebenarnya disebabkan oleh kebiasaan tidak bersih selama berhubungan intim. Maka dari itu, pikirkan baik-baik sebelum melakukannya dan ubahlah gaya hidup Anda, termasuk dalam menjaga kebersihan dan kesehatan penis.

  • Berhenti Merokok

Sebagian besar para perokok pasti akan menyangkal ini. Faktanya, kebiasaan merokok ternyata sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh, khususnya pada kelancaran sirkulasi darah. Kandungan seperti nikotin dalam rokok akan mengikat oksigen dalam tubuh sehingga memperlambat peredaran darah. Salah satu syarat untuk menjaga dan meningkatkan vitalitas tubuh, terutama pada organ vital ialah aliran darah yang stabil dan optimal. Jika ada banyak oksigen yang terikat, serta aliran darah yang tidak bagus, maka risikonya adalah ejakulasi dini dan disfungsi ereksi. Kalau terlalu sering dibiarkan malah akan memperburuk kondisi kesehatannya. Jika masih belum bisa menghentikan kebiasaan merokok, mulailah dari menguranginya secara bertahap. Jadikanlah tujuan kesehatan organ vital ini sebagai faktor yang memotivasi Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok.

  • Pola Hidup dan Tipe Makanan

Setiap anggota tubuh kita selalu terkait satu sama lainnya. Jika ada yang mengalami masalah, maka bisa merembet ke bagian-bagian lainnya. Begitu pula yang terjadi pada penis sebagai organ vital pria yang selalu dikhawatirkan jika mengalami gangguan. Untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan penis, salah satu cara paling rasional tentu saja ialah dengan memperbaiki dan mengubah kualitas hidup. Dari yang sebelumnya sangat jarang beraktivitas fisik/berolahraga, menjadi lebih aktif dan rajin mengolah kebugaran tubuh. Ubahlah gaya dan perilaku hidup Anda menjadi lebih baik demi meningkatkan kesehatan penis.

Tipe makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari juga berpengaruh pada kesehatan penis. Untuk menjaga dan meningkatkan organ vital ini, Anda sangat disarankan untuk rajin mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau, buah-buhan, daging segar, dan jenis-jenis makanan khusus yang memang mampu meningkatkan produktivitas sperma seperti kecambah. Aturalah pola hidup dan kebiasaan makan yang tepat supaya kesehatan penis bisa tercapai dengan mudahnya. Kalau memungkinkan, silakan berkonsultasi dengan pakar kesehatan untuk mendapatkan jawaban-jawaban mengenai tipe makanan dan pola kebiasaan hidup yang positif demi kesehatan organ vital.

  • Berkhitan

Berkhitan sama sekali tidak ada kaitannya dengan ajaran agama tertentu karena setiap pakar kesehatan sepakat bahwa ini adalah solusi untuk menjaga dan melindungi kesehatan penis. Berkhitan atau sunat memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan kandung kemih, mencegahnya dari risiko infeksi, meningkatkan kebersihan penis, serta memuaskan pasangan saat melakukan hubungan intim. Bahkan, berkhitan telah menjadi satu syarat penting untuk mengawali cara perawatan kebersihan dan kesehatan penis.

Rawatlah kebersihan dan kesehatan penis dengan tepat, karena hal-hal tersebut tidak akan bisa tergantikan oleh apa pun. Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan-kebiasaan yang berpotensi menyebabkan gangguan kebersihan dan kesehatan pada penis. Awali dari hal-hal detil dan lanjutkan sebagai kebiasaan rutin yang menjadi bagian dari kehidupan keseharian. Nah, demikianlah  yang bisa Anda ketahui perihal Tips jitu merawat dan menjaga kesehatan penis.

One thought on “Tips Jitu Merawat Dan Menjaga Kesehatan Penis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!