Skip to main content

Tips Mengatasi Ejakulasi Dini Secara Alami

Tips mengatasi ejakulasi dini secara alami akan dijelaskan dalam tulisan ini. Seorang pria disebut mengalami ejakulasi dini jika ejakulasi terjadi kurang dari 3 menit, sedangkan ejakulasi yang terjadi antara 3 – 15 menit disebut ejakulasi relatif.Permasalahan pria ini dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga. Pria yang mengalami akan merasa tidak percaya diri dan istri akan uring-uringan karena kecewa. Oleh karena itu, gangguan ini harus segera diatasi untuk mengembalikan kemesraan suami istri dan dari segi kesehatan juga mencegah terjadinya disfungsi ereksi juga impotensi.

 

Penyebab dan Mencegah Ejakulasi Dini

Jika diketahui penyebab terjadinya ejakulasi maka bisa dilakukan pencegahan agar tidak sampai terjadi tahap lanjutan seperti disfungsi ereksi dan impotensi.Ada beberapa penyebab ejakulasi dini terjadi, seperti kebiasaan masturbasi, perasaan cemas, takut, bersalah, depresi, ketidakmampuan mengontrol gairah yang terlalu tinggi, dan infeksi prostat.Masturbasi dikatakan sebagai salah satu penyebab ejakulasi dini karena kebiasaan melakukan ejakulasi dengan cepat sehingga terus terbawa dalam kehidupan seksual.

Dari penyebab di atas maka bisa dilakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi ejakulasi dini. Upaya pertama dengan mengurangi sensitifitas ‘mr. Happy’, misalnya dengan menggunakan kondom. Jika rangsangan yang diterima kurang maka ejakulasi dapat ditunda.Kemudian lakukan variasi dalam bercinta untuk mencegah kebosanan. Dengan mengubah posisi pada saat bercinta maka hubungan seks dengan pasangan akan lebih menyenangkan dan tahan lama.

Untuk menambah suasana bercinta menjadi lebih menyenangkan ada baiknya berpikiran positif. Hindari perasaan cemas, takut, minder dan bersalah.Oleh sebab itu, kesehatan jiwa juga penting untuk mengatasi ejakulasidini.

Berolah raga dan mengatur pola makan sehat juga perlu untuk mencegah ejakulasi dini. Tubuh yang sehat akan meningkatkan stamina dan menyehatkan jiwa. Konsumsi daging kambing dan susu sapi baik untuk meningkatkan vitalitas pria. Selain itu kurangi kebiasaan masturbasi, karena terbiasa buru-buru mencapai orgasme maka akan terbawa dalam kehidupan seks bersama pasangan.

Mengatasi Ejakulasi Dini Tanpa Obat

Ejakulasi dini dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan tradisional.Bahan-bahan untuk obat tradisional ini sangat mudah didapat, seperti pasak bumi, lengkuas merah, madu dan kuning telur ayam kampung.Minum ramuan tradisional tersebut secara rutin diyakini mampu mengembalikan keperkasaan pria. Selain dengan minum ramuan tradisional ada beberapa pengobatan lain yang bisa digunakan tanpa mengonsumsi obat.

Masalah yang terjadi pada ejakulasi dini adalah saat fungsi kelenjar testis mengalami penurunan maka otot-otot pada kelamin dan produksi sperma tidak stabil.Untuk mengatasinya bisa menggunakan pijatan.Melakukan terapi pijat dapat membantu mengurangi gejala ejakulasi dini, dengan melancarkan aliran darah ke penis. Diperlukan keahlian khusus untuk memijat agar daerah katup penahan air mani kembali elastis dan kenyal. Kondisi katup yang elastis mampu mengembalikan gairah pria dan melakukan tahanan pada ejakulasi hingga bertahan lebih lama.

Cara kedua yaitu dengan melakukan senam kegel. Awalnya senam ini dilakukan wanita untuk mengencangkan otot-otot kewanitaan, tapi pada pria senam ini juga berfungsi mengontrol kerja otot tempat urin keluar dan mengontrol kerja otot anus.Senam kegel ini bermanfaat mengendalikan ejakulasi, sehingga mampu menahan ejakulasi lebih lama. Manfaat lain dari senam ini juga meningkatkan kualitas mani yang semakin tua semakin lemah.

Melatih otot penis juga bisa dilakukan untuk mengatasi ejakulasi dini. Caranya adalah setelah mengalami ereksi, balut penis dengan handuk basah dan bersih.Handuk basah ini berfungsi sebagai pemberat namun ringan.Selama menahan pemberat ini lakukan kontraksi pada otot panggul selama beberapa kali.Hal ini berguna untuk melatih otot penis agar mampu menahan ejakulasi.

Mengobati Ejakulasi Dini

Gangguan pada pria ini bisa juga diatasi dengan menggunakan obat-obatan, selain obat tradisional. Obat-obatan yang digunakan umumnya adalah rekomendasi dokter, seperti berikut ini :

  • Obat anti-depresan – Salah satu faktor penyebab terjadinya ejakulasi dini adalah kurangnya hormon serotonin dalam tubuh.Untuk mengatasinya digunakan obat-obatan yang berasal dari golongan Selektif Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI).Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati depresi dan kecemasan.

Obat ini bisa menyembuhkan ejakulasi dini, namun memiliki efek samping, seperti gairah berkurang.Melakukan pengobatan dengan obat ini juga harus rutin karena diminum setiap hari dan efek obat tidak dapat dirasakan sesaat setelah meminumnya.Jadi harus ada jeda waktu antara minum obat dan melakukan hubungan seks.

  • Penis Desensitive – Fungsi obat ini adalah membuat penis mati rasa atau mengurangi sensitifitas penis terhadap rangsangan yang muncul saat penis bergesekan dengan liang vagina ketika berhubungan. Obat ini umum digunakan untuk mengobati ejakulasi dini, dan merupakan obat luar yang berbentuk gel, krim dan semprot yang langsung dikenakan pada penis.

Terapi ini terbukti ampuh mencegah ejakulasi dini dan menahan terjadinya ejakulasi terlalu cepat, namun sayangnya pengobatan ini tidak bersifat permanen. Jadi penderita yang menggunakannya selamanya akan tergantung dengan obat-obat ini. Memang sangat merepotkan karena setiap kali akan bercinta harus mengoles atau menyemprot penis dengan obat ini.

Kekurangan lain dari pengobatan ini adalah ereksi yang lembek, karena pada penderita ejakulasi dini sulit mendapatkan ereksi keras. Menggunakan obat ini tidak memperbaiki keadaan tersebut, bahkan pengaruh obat juga dapat mengenai pada wanita pasangannya. Obat yang dioles/disemprot pada penis akan mengenai dinding liang vagina dan menyebabkan wanita juga sulit terangsang dan mencapai orgasme. Solusi agar tidak terjadi mati rasa pada pasangan adalah penggunaan kondom. Dengan demikian, obat yang dioles/disemprot tersebut tidak menempel pada dinding liang vagina.

  • Obat tradisional dari bahan alami – Ada pengobatan tradisional yang bisa dikonsumsi untuk mengobati ejakulasi dini. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah 15 gram akar pasak bumi, 40 gram umbi som jawa segar, 15 gram purwaceng kering, 40 gram lengkuas merah segar, 5 gram lada hitam kering, 2 sendok makan madu murni, 1 butir kuning telur ayam kampung.

Cara pembuatan ramuan tersebut adalah kupas lengkuas dan memarkan, kemudian rebus semua bahan tersebut dalam 1 liter air hingga mendidih.Tunggu rebusan hingga tersisa separuh, sesudah itu angkat dan saring hingga airnya saja yang tersisa.Bagi air tersebut menjadi tiga gelas dan dinginkan.Minum ramuan tersebut tiga gelas sehari pada pagi, siang dan malam. Setiap akan diminum beri campuran madu dan kuning telur pada air rebusan dan aduk rata.

Ramuan lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan jahe. Bahan-bahannya dua rimpang jahe sebesar ibu jari, satu butir jeruk nipis, satu butir telur ayam kampung, satu sendok teh bubuk kopi, satu sendok makan madu murni, dan bubuk merica secukupnya.

Cara membuatnya dengan mengupas jahe dan memarutnya, setelah itu peras jahe. Masukkan dalam segelas air matang, kemudian campurkan perasaan jeruk nipis, telur ayam kampung, dan bahan-bahan lainnya. Aduk semua bahan tersebut dan minum seminggu sekali. Minum ramuan tradisional seperti itu adalah salah satu tips mengatasi ejakulasi dini secara alami.

2 thoughts on “Tips Mengatasi Ejakulasi Dini Secara Alami”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!